LAPORAN KEMAJUAN
PROGRAM
KREATIVITAS MAHASISWA
JUDUL
PROGRAM
KESIAPAN UMKM JOMBANG DALAM MENGHADAPI ASEAN
ECONOMIC COMMUNITY (AEC) 2015
BIDANG KEGIATAN
PKM-P
Disusun Oleh:
Hanan Hanapi 102365) 2010
Ani Masrukhah (117907)
2011
Maya
Sudarwati (1271272) 2012
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
JOMBANG
2015
PENGESAHAN LAPORAN KEMAJUAN PKM PENELITIAN
Judul Kegiatan :
Kesiapan
UMKM Jombang Dalam
Menghadapi ASEAN Economic Comunity
Study kasus; Kajian Teori Lima Tahap
1. Bidang Kegiatan :
PKM-P
2. Ketua Pelaksana
a. Nama Lengkap :
Hanan Hanapi
b. NIM :
102365
c. Jurusan :
Pendidikan Ekonomi
d. Universitas :
STKIP PGRI JOMBANG
e. Alamat Rumah dan No.HP : Ds. Bendo, Kec. Bendo Kab. Magetan
No. HP
085762584882
f. Alamat email :
hanapi102365@gmail.com
3. Anggota Pelaksana Kegiatan : 3 orang
4. Dosen Pendamping
a. Nama Lengkap dan Gelar : Khoirul Hasyim, S.Pd., M.Pd.
b. NIDN :
0715088001
c. Alamat Rumah dan No.HP : Pondok Candi Indah B2
Jombang
5. Biaya Kegiatan Total
a. Dikti :
Rp 8.415.000
b. Sumber Lain :
Rp 0
6. Jangka Waktu Pelaksanaan : 3 bulan
Jombang, 24 Mei 2015
Menyetujui,
Ketua
PRODI Ekonomi
(Dr. Nanik Sri Setyani, M.Si)
NIP 196711031992032001
|
Ketua
Pelaksana
(Hanan Hanapi)
NIM 122583
|
Pembantu
Ketua III
(Dr. Agus Prianto. M.Pd)
NIP 196805211993031002
|
Dosen
Pendamping
(Khoirul
Hasyim, S.Pd., M.Pd.)
NIDN 0715088001
|
RINGKASAN
Awal tahun 2016 telah menanti, Indonesia Khususnya
Kabupaten Jombang akan menjamu banyak pengusah ataupun tenaga ahli dari negara
ASEAN lainnya. Dalam dunia moderen suatu negara sulit untuk memenuhi seluruh
kebutuhannya sendiri tanpa kerjasama dengan negara lain (Soelistyo, 1983).
Produk – produk luar negeri (impor) untuk saat ini sudah sangat mudah di
temukan di Indonesia. semenjak diberlakukannya ASEAN Cina Free Tread Area
(ACFTA), dan dengan keadaan yang seperti ini akan menekan pelaku – pelaku
ekonomi kecil dan menengah untuk selalu berinovasi dan meracik produknya dengan
kreatifitas.
Banyak hal yang dibutuhkan pelaku – pelaku ekonomi
(pengusaha) di Jombang untuk menghadapi persaingan dari negara lain. Dalam
mempersiapkan UMKM/IKM Jomabang agar siap menghadapi persaingan dari negara
lain bahwa: 1. Peran pemerinta, 2. Promosi dan Inovasi, 3. Dukungan financial,
4. Strategi pemasaran dan 5. Membangun kemitraan. Dengan memenuhi langkah –
langkah tersebut akan sangat membantu UMKM/IKM dalam bersaing dan terutama
mempersiapkan sikologi pengusaha dalam menghadapi persaingan global.
Informasi merupakan hal yang sangat penting dalam
mempersiapka mental para pengusaha. Karena informasi merupakan salah satu
syarat dalam mempersiapkan diri dalam persaingan global. Hasil dari studi
penelitian yang telah dilakukan akan ditindaklanjuti menjadi beberapa produk.
1. Berupa katalog, yang bertujuan menjadi sarana untuk memasarkan produk –
produk UMKM Jombang sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat Jombang yang
akan membentuk masyarakat cinta produk dalam negeri, 2. Pembuatan buku saku,
yang bertujuan untuk mempersiapkan pemuda yang siap menghadapi persaingan
bebas, baik itu dalam dunia usaha maupun persaingan dalam bidang keahlian, 3.
Menyeminarkan hasil dari penelitian yang berupa artikel ilmiah, yang bertujuan
memberi informasi kepada masyrakat guna mempersiapkan diri menjelang persaingan
global.
Kata
kunci: Persaingan global, informasi dan kesiapan.
DAFTAR ISI
Cover.......................................................................................................... i
Halaman Pengesahan................................................................................ ii
Ringkasan.................................................................................................. iii
Daftar Isi................................................................................................... iv
BAB I Pendahuluan...................................................................................
BAB II Target Luaran..............................................................................
BAB III Metode Penelitian....................................................................... 7
BAB IV Hasil yang dicapai.......................................................................
BAB V Potensi Hasil................................................................................. 9
BAB VI Rencana Tahapan
Berikutnya................................................. 10
Lampiran – Lampiran
Lampiran 1........................................................................................... iv
Lampiran 2.......................................................................................... vii
Lampiran 3........................................................................................... xi
Lampiran 4.......................................................................................... xii
Lampiran
5.......................................................................................... xii
BAB
I
PENDAHULUAN
Perkembangan
Entrepreneurship
di Indonesia pasca reformasi sampai tahun 2012 memang sangat menggembirakan. Tercatat di tahun 2012
per Pebruari oleh Badan Pusat Staistik jumlah wirausaha di Indonesia mencapai
43,84 juta orang. Itulah angka tertinggi perkembangan jumlah wirausaha mulai
reformasi sampai tahun 2012. Akan tetapi dibalik itu semua,
perkembangan ini memerlukan berbagai upaya yang tidak ringan karena harus
merubah pola pikir masyarakat secara perlahan
dari sifat konsumtif menuju sikap produktif, dari orientasi Sumber Daya Alam
kepada sumber daya manusia. Kemakmuran negara tidak lagi terletak pada kekayaan
Sumber Daya Alam yang melimpah akan tetapi terletak pada brain (kecerdasan),
dream (mimpi), spirit, dan confidence (rasa percaya
diri) (Triyono, 014).
Banyaknya masyarakat Jombang yang memiliki jiwa
wirausaha dan tingkat kreativitas tinggi, dibuktikan dengan banyaknya UMKM yang
ada di Jombang. Tercatat pada arsip Dinas Koperasi dan UMKM Jombang bahwa
Jombang memiliki 2.987.524 UMKM. Usaha mikro kecil menegah yang dimaksud
merupakan segala jenis usaha yang memiliki penghasilan. Namun UMKM yang akan
merasakan ketatnya prsaingan pada akhir tahun 2015 nanti merupakan UMKM yang
memiliki proses kreatifitas, usaha dan berpenghasilan atau bisa di sebut
Industri Kecil Menengah (IKM). Untuk IKM di Kbupaten Jombang ± 250 IKM dari
setiap jenis IKM yang ada di Jombang. sangat beruntunnglah Kabupaten Jombang
memiliki IKM/UMKM yang terbilang cukup banyak, karena UMKM
sebagai sektor ekonomi nasional yang sangat strategis dalam pembangunan ekonomi
kerakyatan (Sholeh, 2013)
Pada tanggal 31 Desember 2015, Indonesia Khususnya
Kabupaten Jombang akan menjamu banyak pengusah ataupun tenaga ahli dari negara
ASEAN lainnya. Dalam dunia moderen suatu negara sulit untuk memenuhi seluruh
kebutuhannya sendiri tanpa kerjasama dengan negara lain (Soelistyo, 1983).
Produk – produk luar negeri (impor) untuk saat ini sudah sangat mudah di
temukan di Indonesia. semenjak diberlakukannya ACFTA, dan dengan keadaan yang
seperti ini akan menekan pelaku – pelaku ekonomi kecil dan menengah untuk
selalu berinovasi dan meracik produknya dengan kreatifitas.
Banyak hal yang dibutuhkan pelaku – pelaku ekonomi
(pengusaha) di Jombang untuk menghadapi persaingan dari negara lain. Dalam
mempersiapkan UMKM/IKM Jomabang agar siap menghadapi persaingan dari negara
lain bahwa: 1. Peran pemerinta, 2. Promosi dan Inovasi, 3. Dukungan financial,
4. Strategi pemasaran dan 5. Membangun kemitraan (Abdillah, 2010). Oleh sebab
itu dari hasil penelitian yang telah dilakukan, sangat dibutuhkan monitorig dan
evaluasi agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam menentukan seberapa besar
kesiapan dan memberikan banyak manfaat pada UMKM Jombang.
BAB
II
TARGET
LUARAN
Untuk mempermudah meneliti persiapan
UMKM Jombang dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), perlu adanya
identifikasi awal yakni:
a. Menelaah perjanjian program
kerja AEC guna mendapatkan gambaran kegiatan perjanjian perdagangan bebas
tersebut,
b. Mendefenisikan UMKM.
c. Mengidentifikasi kesiapan
SDM/pemilik UMKM yang ada di Jombang dalam hal ini target identifikasi selain
kualitas SDM namun juga pengetahuan mengenai program MEA dan
d. Kesiapan UMKM dalam
penggunaan kecanggihan TI dan penggunaan mesin dalam memproduksi produk.
Penelitian ini difokuskan pada kesiapan UMKM dalam menghadapi
persaingan antar negara ASEAN. Dari kegiatan ini luaran yang diharapkan adalah
sebuah artikel Ilmiah mengenai Kesiapan UMKM Jombang dalam menghadapi MEA yang
akan dijadikan:
a.
Sebagai bahan informasi/rekomendasi bagi pemerintah Jombang dalam
mempersiapkan masyarakat menjadi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),
b.
Sumber informasi bagi lembaga STKIP PGRI Jombang dalam mempersiapkan
mahasiswanya dalam menjalani sebagai Masyarakat Ekonomi ASEAN,
c.
Luaran akhir dari penelitian ini adalah sebuah buku referensi dalam membangun
masyarakat moderen.
BAB
III
METODE
PENELITIAN
Penelitian ini menggunakan beberapa
metode dalam pelaksanaannya, antara lain:
a.
Tempat dan waktu
penelitian
Penelitian ini akan dilakukan di wilayah
Kabupaten Jombang dengan sample 20 UMKM se-Kabupaten Jombang. Pelaksanaan
penelitian ini sedianya akan berlangsung selama tiga bualan dengan rincian
kasar sebagai berikut bulan pertama peneliti akan mempersiapkan berkas, buku
referensi dan data untuk penelitian. Agar mendapatkan data dari dinas koperasi
maka pada bulan ke dua di minggu pertama peneliti megajukan permohonan izin ke
Dinas Koperasi. Pada bulan ke dua minggu ke tiga peneliti mulai observasi ke
Dinas Koperasi guna mendapatkan data –data mengenai UMKM Jombang dan usaha
pemerintah dalam mempersiapkan UMKM Jombang dalam menghadapi AEC. Kemudian pada
bulan ke dua minggu ke empat peneliti mulai mensurvei dan mengajukan surat
kerjasama untuk penelitian guna mempermudah untuk peneliti meneliti UMKM
Jombang. Pada bulan terakhir peneliti mulai meneliti UMKM Jombang.
b.
Prosedur
Penelitian
- Heuristik
Heuristik
merupakan tahapan pertama dalam melakukan penelitian; tahapan pengumpulan data
dan sumber dari Dinas Koperasi dan UMKM Jombang.
- Verifikasi Sumber
Verifikasi
sumber, yaitu melakukan pengecekan atau penilaian terhadap sumber. Dilihat dari
kualitas sumber dan keterkaitan sumber dengan penelitian. Tahap ini akan
mengelompokkan beberapa sumber menjadi tiga bagian, primer, skunder dan tersier
berturut – urut menjadi prioritas.
- Analisis sumber
Tahap
ini, peneliti melakukan analisis terhadap sumber yang telah diperoleh. Bagian
mana yang akan di jadikan isi dalam penelitian. Proses ini membutuhkan kejelian
dalam menentukan fakta.
- Teknik pengumpulan data
Penelitian
menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif; dengan menggunakan literatur,
analisis data, wawancara dan observasi. Kemudian mendiskripsikan kedalam
penelitian. Analisis ini bersumber dari data – data atau sumber – sumber yang
telah didapatkan dalam proses prosedur penelitian sebelumnya.
BAB IV
HASIL
YANG DICAPAI
Tujuan dari kegiatan PKM-P ini adalah
mengidentifikasi mengenai kesiapan UMKM Jombang dalam menghadapi ASEAN
Economic Community (AEC). Dengan sasaran 20 UMKM sebagai objek kegiatan
penelitian ini. Objek penelitian yang diangkat peneliti tidak hanya dari UMKM
yang sudah mapan dan tidak pula hanya UMKM belum mapan agar dapat lebih
objektif dalam penilaian kesiapan UMKM Jombang. Namun sebelum itu peneliti
melakukan pembedahan perjanjian – perjanjian yang telah disepakati oleh negara –
negara ASEAN sebagai bahan sebelum melakukan penelitian pada UMKM Jombang. Untuk
lebih detail, ketercapaian sesuai Indikator Kegiatan Jangka Pendek (IKJP)
dengan pelaksanaan PKM di lapangan dapat dilihat pada tabel dibawah ini:
Tabel
1:
Ketercapaian
IKJP
No
|
Target
|
IKJP
|
Hasil
|
1
|
Mengajukan perizinan
|
Pada dinas perizinan
|
Tercapai
|
Pada dinas koperasi
|
Tercapai
|
||
Pada 20 UMKM
|
Tercapai
|
||
2
|
Menelaah Perjanjian AEC Yang Disepakati oleh
Negara – Negara ASEAN
|
Mendapatkan informasi
|
Tercapai
|
Mengidentifikasi jenis – jenis perjanjian AEC
|
Tercapai
|
||
Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan pada AEC
|
Tercapai
|
||
Menyusun kuisioner
|
Tercapai
|
||
3
|
Mendefinisikan UMKM
|
Mencari sumber referensi
|
Tercapai
|
Menelaah pembagian –pembagian UMKM
|
Tercapai
|
||
4
|
Mengidentifikasi UMKM Jombang
|
Survei
|
Tercapai
|
Observasi
|
Tercapai
|
||
Wawancara
|
Tercapai
|
||
5
|
Menganalisis data
|
Mengumpulkan data
|
Tercapai
|
Mengklasifikasi data
|
Tercapai
|
||
6
|
Tindak lanjut setelah penelitian
|
Pembuatan artikel ilmiah
|
On going
|
Pembuatan katalog UMKM
|
On going
|
||
Publikasi hasil penelitian media masa dan cetak
|
On going
|
||
Publikasi hasil penelitian melalui seminar
|
On going
|
BAB V
POTENSI HASIL
Tindak lanjut dan hasil dari kegiatan penelitian ini
adalah : 1. Artikel Ilmiah; yang nantinya akan diseminarkan dan dipublikasikan
baik melalui media cetak dan atau media elektronik agar dapat menjadi bahan
sebagai sumber referensi bagi masyarakat dan UMKM Jombang khususnya bagi
peneliti sendiri dalam mempersiapkan diri menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN
(MEA) 2. Katalog; kalatog ini kami
terbitkan merupakan salah satu harapan dari para pemilik UMKM, untuk menjawab
persoalan pengusaha selama ini. Dengan menerbitkan katalog akan membantu
mempromosikan produk – produk UMKM Jombang dan akan membantu pada program pemerintah
yakni program Aku Cinta Produk Indonesia (ACPI). Dengan sasaran lembaga –
lembaga yang berpotensi untuk mengkonsumsi produk – produk yang ditawarkan
dalam katalog tersebut. 3. Buku saku; Dengan semaraknya pemerintah memberi
himbauan bagi para pemuda agar dapat menjadi pengusaha muda yang memiliki
kreatifitas dan inovasi yang tinggi berkenaan dengan hal tersebut, diharapkan
buku saku yang akan diterbitkan akan membantu mempersiapkan pengusaha –
pengusaha muda agar memiliki mental dan jiwa yang tangguh dalam membangun dan
mempertahankan usaha.
BAB VI
RENCANA TAHAPAN BERIKUTNYA
Target luaran penelitian ini artikel ilmiah yang
membahas mengenai seberapa siap UMKM Jombang baik dalam bidang pemasaran,
permodalan, kemampuan SDM, pemanfaatan TI hingga seberapa besar jaringan yang
dibangun oleh pengusaha Jombang. yang nantinya akan diajukan sebagai
rekomendasi tolok ukur pemerintah untuk lebih mempersiapkan UMKM Jombang yang
akan dipublikasikan bersamaan dengan menseminarkan hasil dari penelitian atau
artikel ilmiah. bersamaan dengan publikasi hasil penelitian, di laksanakan
laporan akhir PKM sebagai bentuk pertanggunag jawaban.
Target pengerjaan selanjutnya adalah pembuatan
katalog produk – produk UMKM yang telah dijadikan sebagai objek penelitian.
Guna membantu permasalahan UMKM di bidang pemasaran. Target penyelesaian 2
minggu kedepan dari saat ini dan selanjutanya membuat buku saku bagi mahasiswa
STKIP PGRI Jombang sebagai sarana pembentukan mahasiswa entrepreneur moderen
yang siap menghadapi persaingan global maksimal 4 minggu kedepan dari saat ini.
Target pengerjaan terakhir, dilakukan publikasi hasil penelitian berupa seminar
dan atau melalui media masa Target maksimal 6 minggu kedepan dari saat ini.
Besamaan dengan pembuatan buku saku dan publikasi, dilakukan penyusunan laporan
akhir PKM sebagai bentuk pertanggung jawaban.
Tabel
2:
Jadwal
Rencana Tahapan Berikutnya
Rencana kegiatan
|
Mei
|
Juni
|
||||
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
|
Pembuatan katalog
|
|
|
|
|
|
|
Pembuatan buku saku
|
|
|
|
|
|
|
Publikasi
|
|
|
|
|
|
|
Penyusunan laporan akhir
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar