Rabu, 16 Desember 2015

Laporan Kemajuan PKM-P

LAPORAN KEMAJUAN
PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA



JUDUL PROGRAM

KESIAPAN UMKM JOMBANG DALAM MENGHADAPI ASEAN ECONOMIC COMMUNITY (AEC) 2015


BIDANG KEGIATAN
PKM-P


Disusun Oleh:

Hanan Hanapi                        102365)   2010
Ani Masrukhah                      (117907)   2011
 Maya Sudarwati                      (1271272) 2012




SEKOLAH TINGGI KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
JOMBANG
2015

PENGESAHAN LAPORAN KEMAJUAN PKM PENELITIAN
 

Judul Kegiatan                                     : Kesiapan UMKM Jombang Dalam
 Menghadapi ASEAN Economic Comunity
 Study kasus; Kajian Teori Lima Tahap

1.    Bidang Kegiatan                              : PKM-P
2.    Ketua Pelaksana
a.       Nama Lengkap                          : Hanan Hanapi
b.      NIM                                          : 102365
c.       Jurusan                                                 : Pendidikan Ekonomi
d.      Universitas                                : STKIP PGRI JOMBANG
e.       Alamat Rumah dan No.HP        : Ds. Bendo, Kec. Bendo Kab. Magetan
 
  No. HP 085762584882
f.       Alamat email                             : hanapi102365@gmail.com
3.    Anggota Pelaksana Kegiatan                       : 3 orang
4.    Dosen Pendamping
a.       Nama Lengkap dan Gelar        : Khoirul Hasyim, S.Pd., M.Pd.
b.      NIDN                                       : 0715088001
c.       Alamat Rumah dan No.HP       : Pondok Candi Indah B2 Jombang
                                                       
5.    Biaya Kegiatan Total
a.       Dikti                                         : Rp 8.415.000
b.      Sumber Lain                            : Rp 0
6.    Jangka Waktu Pelaksanaan                         : 3 bulan

       Jombang, 24 Mei 2015
Menyetujui,
Ketua PRODI Ekonomi




(Dr. Nanik Sri Setyani, M.Si)
NIP 196711031992032001

Ketua Pelaksana




(Hanan Hanapi)
 NIM 122583
Pembantu Ketua III



(Dr. Agus Prianto. M.Pd)
 NIP 196805211993031002
Dosen Pendamping



(Khoirul Hasyim, S.Pd., M.Pd.)
 NIDN 0715088001

RINGKASAN
Awal tahun 2016 telah menanti, Indonesia Khususnya Kabupaten Jombang akan menjamu banyak pengusah ataupun tenaga ahli dari negara ASEAN lainnya. Dalam dunia moderen suatu negara sulit untuk memenuhi seluruh kebutuhannya sendiri tanpa kerjasama dengan negara lain (Soelistyo, 1983). Produk – produk luar negeri (impor) untuk saat ini sudah sangat mudah di temukan di Indonesia. semenjak diberlakukannya ASEAN Cina Free Tread Area (ACFTA), dan dengan keadaan yang seperti ini akan menekan pelaku – pelaku ekonomi kecil dan menengah untuk selalu berinovasi dan meracik produknya dengan kreatifitas.
Banyak hal yang dibutuhkan pelaku – pelaku ekonomi (pengusaha) di Jombang untuk menghadapi persaingan dari negara lain. Dalam mempersiapkan UMKM/IKM Jomabang agar siap menghadapi persaingan dari negara lain bahwa: 1. Peran pemerinta, 2. Promosi dan Inovasi, 3. Dukungan financial, 4. Strategi pemasaran dan 5. Membangun kemitraan. Dengan memenuhi langkah – langkah tersebut akan sangat membantu UMKM/IKM dalam bersaing dan terutama mempersiapkan sikologi pengusaha dalam menghadapi persaingan global.
Informasi merupakan hal yang sangat penting dalam mempersiapka mental para pengusaha. Karena informasi merupakan salah satu syarat dalam mempersiapkan diri dalam persaingan global. Hasil dari studi penelitian yang telah dilakukan akan ditindaklanjuti menjadi beberapa produk. 1. Berupa katalog, yang bertujuan menjadi sarana untuk memasarkan produk – produk UMKM Jombang sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat Jombang yang akan membentuk masyarakat cinta produk dalam negeri, 2. Pembuatan buku saku, yang bertujuan untuk mempersiapkan pemuda yang siap menghadapi persaingan bebas, baik itu dalam dunia usaha maupun persaingan dalam bidang keahlian, 3. Menyeminarkan hasil dari penelitian yang berupa artikel ilmiah, yang bertujuan memberi informasi kepada masyrakat guna mempersiapkan diri menjelang persaingan global.






Kata kunci: Persaingan global, informasi dan kesiapan.

DAFTAR ISI
 

Cover.......................................................................................................... i
Halaman Pengesahan................................................................................ ii
Ringkasan.................................................................................................. iii
Daftar Isi................................................................................................... iv

BAB I Pendahuluan...................................................................................
BAB II Target Luaran..............................................................................
BAB III Metode Penelitian....................................................................... 7
BAB IV Hasil yang dicapai.......................................................................
BAB V Potensi Hasil................................................................................. 9
BAB VI Rencana Tahapan Berikutnya................................................. 10
Lampiran – Lampiran
Lampiran 1........................................................................................... iv
Lampiran 2.......................................................................................... vii
Lampiran 3........................................................................................... xi
Lampiran 4.......................................................................................... xii
Lampiran 5.......................................................................................... xii



BAB I
PENDAHULUAN
Perkembangan Entrepreneurship di Indonesia pasca reformasi sampai tahun 2012 memang sangat menggembirakan. Tercatat di tahun 2012 per Pebruari oleh Badan Pusat Staistik jumlah wirausaha di Indonesia mencapai 43,84 juta orang. Itulah angka tertinggi perkembangan jumlah wirausaha mulai reformasi sampai tahun 2012.  Akan tetapi dibalik itu semua, perkembangan ini memerlukan berbagai upaya yang tidak ringan karena harus merubah pola pikir masyarakat secara perlahan dari sifat konsumtif menuju sikap produktif, dari orientasi Sumber Daya Alam kepada sumber daya manusia. Kemakmuran negara tidak lagi terletak pada kekayaan Sumber Daya Alam yang melimpah akan tetapi terletak pada brain (kecerdasan), dream (mimpi), spirit, dan confidence (rasa percaya diri) (Triyono, 014).
Banyaknya masyarakat Jombang yang memiliki jiwa wirausaha dan tingkat kreativitas tinggi, dibuktikan dengan banyaknya UMKM yang ada di Jombang. Tercatat pada arsip Dinas Koperasi dan UMKM Jombang bahwa Jombang memiliki 2.987.524 UMKM. Usaha mikro kecil menegah yang dimaksud merupakan segala jenis usaha yang memiliki penghasilan. Namun UMKM yang akan merasakan ketatnya prsaingan pada akhir tahun 2015 nanti merupakan UMKM yang memiliki proses kreatifitas, usaha dan berpenghasilan atau bisa di sebut Industri Kecil Menengah (IKM). Untuk IKM di Kbupaten Jombang ± 250 IKM dari setiap jenis IKM yang ada di Jombang. sangat beruntunnglah Kabupaten Jombang memiliki IKM/UMKM yang terbilang cukup banyak, karena UMKM sebagai sektor ekonomi nasional yang sangat strategis dalam pembangunan ekonomi kerakyatan (Sholeh, 2013)
Pada tanggal 31 Desember 2015, Indonesia Khususnya Kabupaten Jombang akan menjamu banyak pengusah ataupun tenaga ahli dari negara ASEAN lainnya. Dalam dunia moderen suatu negara sulit untuk memenuhi seluruh kebutuhannya sendiri tanpa kerjasama dengan negara lain (Soelistyo, 1983). Produk – produk luar negeri (impor) untuk saat ini sudah sangat mudah di temukan di Indonesia. semenjak diberlakukannya ACFTA, dan dengan keadaan yang seperti ini akan menekan pelaku – pelaku ekonomi kecil dan menengah untuk selalu berinovasi dan meracik produknya dengan kreatifitas.
Banyak hal yang dibutuhkan pelaku – pelaku ekonomi (pengusaha) di Jombang untuk menghadapi persaingan dari negara lain. Dalam mempersiapkan UMKM/IKM Jomabang agar siap menghadapi persaingan dari negara lain bahwa: 1. Peran pemerinta, 2. Promosi dan Inovasi, 3. Dukungan financial, 4. Strategi pemasaran dan 5. Membangun kemitraan (Abdillah, 2010). Oleh sebab itu dari hasil penelitian yang telah dilakukan, sangat dibutuhkan monitorig dan evaluasi agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam menentukan seberapa besar kesiapan dan memberikan banyak manfaat pada UMKM Jombang.


BAB II
TARGET LUARAN

Untuk mempermudah meneliti persiapan UMKM Jombang dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), perlu adanya identifikasi awal yakni:
a.       Menelaah perjanjian program kerja AEC guna mendapatkan gambaran kegiatan perjanjian perdagangan bebas tersebut,
b.      Mendefenisikan UMKM.
c.       Mengidentifikasi kesiapan SDM/pemilik UMKM yang ada di Jombang dalam hal ini target identifikasi selain kualitas SDM namun juga pengetahuan mengenai program MEA dan
d.      Kesiapan UMKM dalam penggunaan kecanggihan TI dan penggunaan mesin dalam memproduksi produk.

Penelitian ini difokuskan pada kesiapan UMKM dalam menghadapi persaingan antar negara ASEAN. Dari kegiatan ini luaran yang diharapkan adalah sebuah artikel Ilmiah mengenai Kesiapan UMKM Jombang dalam menghadapi MEA yang akan dijadikan:
a.       Sebagai bahan informasi/rekomendasi bagi pemerintah Jombang dalam mempersiapkan masyarakat menjadi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),
b.      Sumber informasi bagi lembaga STKIP PGRI Jombang dalam mempersiapkan mahasiswanya dalam menjalani sebagai Masyarakat Ekonomi ASEAN,
c.       Luaran akhir dari penelitian ini adalah sebuah buku referensi dalam membangun masyarakat moderen.
















 


BAB III
METODE PENELITIAN

Penelitian ini menggunakan beberapa metode dalam pelaksanaannya, antara lain:
a.         Tempat dan waktu penelitian
Penelitian ini akan dilakukan di wilayah Kabupaten Jombang dengan sample 20 UMKM se-Kabupaten Jombang. Pelaksanaan penelitian ini sedianya akan berlangsung selama tiga bualan dengan rincian kasar sebagai berikut bulan pertama peneliti akan mempersiapkan berkas, buku referensi dan data untuk penelitian. Agar mendapatkan data dari dinas koperasi maka pada bulan ke dua di minggu pertama peneliti megajukan permohonan izin ke Dinas Koperasi. Pada bulan ke dua minggu ke tiga peneliti mulai observasi ke Dinas Koperasi guna mendapatkan data –data mengenai UMKM Jombang dan usaha pemerintah dalam mempersiapkan UMKM Jombang dalam menghadapi AEC. Kemudian pada bulan ke dua minggu ke empat peneliti mulai mensurvei dan mengajukan surat kerjasama untuk penelitian guna mempermudah untuk peneliti meneliti UMKM Jombang. Pada bulan terakhir peneliti mulai meneliti UMKM Jombang.

b.        Prosedur Penelitian
  1. Heuristik
Heuristik merupakan tahapan pertama dalam melakukan penelitian; tahapan pengumpulan data dan sumber dari Dinas Koperasi dan UMKM Jombang.
  1. Verifikasi Sumber
Verifikasi sumber, yaitu melakukan pengecekan atau penilaian terhadap sumber. Dilihat dari kualitas sumber dan keterkaitan sumber dengan penelitian. Tahap ini akan mengelompokkan beberapa sumber menjadi tiga bagian, primer, skunder dan tersier berturut – urut menjadi prioritas.
  1. Analisis sumber
Tahap ini, peneliti melakukan analisis terhadap sumber yang telah diperoleh. Bagian mana yang akan di jadikan isi dalam penelitian. Proses ini membutuhkan kejelian dalam menentukan fakta.
  1. Teknik pengumpulan data
Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif; dengan menggunakan literatur, analisis data, wawancara dan observasi. Kemudian mendiskripsikan kedalam penelitian. Analisis ini bersumber dari data – data atau sumber – sumber yang telah didapatkan dalam proses prosedur penelitian sebelumnya.


BAB IV
HASIL YANG DICAPAI
Tujuan dari kegiatan PKM-P ini adalah mengidentifikasi mengenai kesiapan UMKM Jombang dalam menghadapi ASEAN Economic Community (AEC). Dengan sasaran 20 UMKM sebagai objek kegiatan penelitian ini. Objek penelitian yang diangkat peneliti tidak hanya dari UMKM yang sudah mapan dan tidak pula hanya UMKM belum mapan agar dapat lebih objektif dalam penilaian kesiapan UMKM Jombang. Namun sebelum itu peneliti melakukan pembedahan perjanjian – perjanjian yang telah disepakati oleh negara – negara ASEAN sebagai bahan sebelum melakukan penelitian pada UMKM Jombang. Untuk lebih detail, ketercapaian sesuai Indikator Kegiatan Jangka Pendek (IKJP) dengan pelaksanaan PKM di lapangan dapat dilihat pada tabel dibawah ini:



Tabel 1:
Ketercapaian IKJP
No
Target
IKJP
Hasil
1
Mengajukan perizinan
Pada dinas perizinan
Tercapai
Pada dinas koperasi
Tercapai
Pada 20 UMKM
Tercapai
2
Menelaah Perjanjian AEC Yang Disepakati oleh Negara – Negara ASEAN
Mendapatkan informasi
Tercapai
Mengidentifikasi jenis – jenis perjanjian AEC
Tercapai
Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan pada AEC
Tercapai
Menyusun kuisioner
Tercapai
3
Mendefinisikan UMKM
Mencari sumber referensi
Tercapai
Menelaah pembagian –pembagian UMKM
Tercapai
4
Mengidentifikasi UMKM Jombang
Survei
Tercapai
Observasi
Tercapai
Wawancara
Tercapai
5
Menganalisis data
Mengumpulkan data
Tercapai
Mengklasifikasi data
Tercapai
6
Tindak lanjut setelah penelitian
Pembuatan artikel ilmiah
On going
Pembuatan katalog UMKM
On going
Publikasi hasil penelitian media masa dan cetak
On going
Publikasi hasil penelitian melalui seminar
On going




BAB V
POTENSI HASIL

Tindak lanjut dan hasil dari kegiatan penelitian ini adalah : 1. Artikel Ilmiah; yang nantinya akan diseminarkan dan dipublikasikan baik melalui media cetak dan atau media elektronik agar dapat menjadi bahan sebagai sumber referensi bagi masyarakat dan UMKM Jombang khususnya bagi peneliti sendiri dalam mempersiapkan diri menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)  2. Katalog; kalatog ini kami terbitkan merupakan salah satu harapan dari para pemilik UMKM, untuk menjawab persoalan pengusaha selama ini. Dengan menerbitkan katalog akan membantu mempromosikan produk – produk UMKM Jombang dan akan membantu pada program pemerintah yakni program Aku Cinta Produk Indonesia (ACPI). Dengan sasaran lembaga – lembaga yang berpotensi untuk mengkonsumsi produk – produk yang ditawarkan dalam katalog tersebut. 3. Buku saku; Dengan semaraknya pemerintah memberi himbauan bagi para pemuda agar dapat menjadi pengusaha muda yang memiliki kreatifitas dan inovasi yang tinggi berkenaan dengan hal tersebut, diharapkan buku saku yang akan diterbitkan akan membantu mempersiapkan pengusaha – pengusaha muda agar memiliki mental dan jiwa yang tangguh dalam membangun dan mempertahankan usaha.























BAB VI
RENCANA TAHAPAN BERIKUTNYA
Target luaran penelitian ini artikel ilmiah yang membahas mengenai seberapa siap UMKM Jombang baik dalam bidang pemasaran, permodalan, kemampuan SDM, pemanfaatan TI hingga seberapa besar jaringan yang dibangun oleh pengusaha Jombang. yang nantinya akan diajukan sebagai rekomendasi tolok ukur pemerintah untuk lebih mempersiapkan UMKM Jombang yang akan dipublikasikan bersamaan dengan menseminarkan hasil dari penelitian atau artikel ilmiah. bersamaan dengan publikasi hasil penelitian, di laksanakan laporan akhir PKM sebagai bentuk pertanggunag jawaban.
Target pengerjaan selanjutnya adalah pembuatan katalog produk – produk UMKM yang telah dijadikan sebagai objek penelitian. Guna membantu permasalahan UMKM di bidang pemasaran. Target penyelesaian 2 minggu kedepan dari saat ini dan selanjutanya membuat buku saku bagi mahasiswa STKIP PGRI Jombang sebagai sarana pembentukan mahasiswa entrepreneur moderen yang siap menghadapi persaingan global maksimal 4 minggu kedepan dari saat ini. Target pengerjaan terakhir, dilakukan publikasi hasil penelitian berupa seminar dan atau melalui media masa Target maksimal 6 minggu kedepan dari saat ini. Besamaan dengan pembuatan buku saku dan publikasi, dilakukan penyusunan laporan akhir PKM sebagai bentuk pertanggung jawaban.



Tabel 2:
Jadwal Rencana Tahapan Berikutnya
Rencana kegiatan
Mei
Juni
III
IV
I
II
III
IV
Pembuatan katalog






Pembuatan buku saku






Publikasi






Penyusunan laporan akhir








Tidak ada komentar:

Posting Komentar